INDONESIA
MICROFINANCE
EXPERT ASSOCIATION
Selamat Datang di Situs Resmi IMFEA

Account officer keuangan mikro gagal menjadi pelayan yang baik bagi sasarannya bukan karena mereka bodoh tapi lebih karena lembaganya yang gagal mendidiknya (@ahmadsubagyo.com)

Background wisdom12

Kita menyaksikan unit-unit mikro berbagai lembaga keuangan, terutama Bank Umum gagal menjalankan produk mikro-nya. Sebut saja, Unit mikro-nya Bank Danamon atau kita kenal dengan Danamon Simpan Pinjam (DSP), Bank Mandiri yang mencoba masuk ke usaha mikro dengan Unit Mikro Mandiri-nya juga nyaris tak terdengar, Bank CIMB dengan Laju Mikronya juga portofolionya makin mengecil, BTPN dengan Mitra Usaha Rakyat-MUR-nya juga tak bertumbuh signifikan. Sebahagian besar terjadi bukan karena para petugas kreditnya yang “bodoh” dan tidak mampu menjalankan tugasnya dengan baik, tapi lebih karena salah didik dan salah asuh. Tapi mengapa BRI unit terus bertumbuh dan makin masuk ke dalam (outreach dan depth)-nya makin luas?

0
0
0
s2sdefault

Menurut Al-Qur’an anak dikelompokan kepada empat tipologi

  1. Anak sebagai perhiasan hidup di Dunia (QS. 18:48)

Anak adalah perhiasan dala hidup rumah tangga. Al Quran mengatakan, “harta dan anak-anak adalah perhiasan kehidupan dunia, namun amal yang kekal dan sholih adalah lebih baik pahalanya disisi Tuhanmu serta lebih baik untuk menjadi harapan (QS:18:46)”

Anak berfungsi memperindah suatu keluarga. Sepasang suami istri merasa rumah  tangganya belum lengkap karena belum memppunyai anak. Pasangan suami istri selala merasa krang sempurna keidupannya, apabila mereka tidak mempunyai anak. Keindahan rumah tangga kurang bersinar dan ceria tanpa kehadiran seorang anak.

0
0
0
s2sdefault

Jika lebih dicermati, maka sebenarnya Indonesia ini bukan negara miskin, melainkan lebih tepat disebut sebagai negara yang secara ekonomis belum merata. Kesenjangan itu di mana-mana terjadi dan jarak antara yang miskin dan mereka yang kaya, kadang sedemikian jauh. Sementara orang menguasai sumber-sumber ekonomi, sedangkan sebagian banyak lainnya tidak memiliki akses, sehingga kemudian mereka menjadi miskin.


Keadaan seperti itu, jika pemerintah tidak melakukan langkah-langkah strategis yang sekiranya dapat menanggulangi, atau setidak-tidaknya mengurangi ketimpangan itu, maka kesenjangan akan semakin jauh. Rakyat yang miskin dan tidak berdaya, sepanjang hidup akan hanya menyaksikan orang-orang kaya yang sehari-hari menikmati kekayaannya. Bahkan orang miskin dan lemah secara ekonomi itu akan tereksploitasi oleh orang kaya. Mereka yang miskin itu bekerja dengan gaji rendah hanya untuk kepentingan orang kaya.

0
0
0
s2sdefault

"Allah SWT. telah mewahyukan kepada Daud a.s. dengan firmanNya: Wahai Daud, perumpamaan dunia itu laksana bangkai, dimana anjing-anjing berkumpul mengelilinginya, menyeretnya kesana kemari. Apakah engkau suka menjadi seekor anjing, lalu ikut bersama mereka menyeret bangkai itu kesana kemari? Wahai Daud berlemah-lembutlah dalam perkataan dan sederhanalah dalam berpakaian. Ketenaran namamu di khalayak orang ramai tidak akan serupa selama-lamanya dengan apa-apa yang diperoleh di akhirat." (Hadis Qudsi riwayat al-Madani di dalam kitabnya).

Dari sejarah atau kisah para Nabi, nama Daud a.s. sudah begitu akrab di telinga kita. Beliau adalah termasuk di antara para nabi yang mesti kenali. Nabi Daud a.s. ialah ayah kepada Nabi Sulaiman a.s. yang asal-usul keturunannya bersambung sampai kepada Nabi Ibrahim al-Khalil a.s. Beliaulah yang menerima kitab Zabur dari Allah SWT. (Q.S. al-Isra; 55).

0
0
0
s2sdefault

Hikmah

Silahkan Login

Traffik Pengunjung

Today4
Yesterday68
This week470
This month1497
Total53864

Visitor Info

  • IP: 100.24.122.228
  • Browser: unknown
  • Browser Version: unknown
  • Operating System: unknown

Who Is Online

1
Online

Friday, 18 October 2019 00:41
Indonesian Arabic English German Japanese Russian

Photo Galleries

1 2 3
  • Pasar Rakyat Syariah_4
  • Kegiatan Perencanaan Program Kerja IMFEA_1
  • Narasumber Kegiatan Seminar IMFEA_2
  • Pasar Rakyat Syariah_2

Feature Artikel

Ukuran Tradisi Hidup Sederhana

"Allah SWT. telah mewahyukan kepada Daud a.s. dengan firmanNya: Wahai Daud, perumpamaan...

Baca Selengkapnya..