Spread the love

Ketua Umum IMFEA mengunjungi kantor Criff Lembaga Informasi Keuangan (CLIK) dan bertemu dengan CEO salah satu Perusahaan Lembaga Penyedia Informasi Perkreditan (LPIP) yang berbasis di Italia. Mr. Leo menerima kami dengan sangat ramah dan berbagi pengalaman menarik sebagai seorang mantan professional konsultan keuangan mikro lebih dari 10 tahun.  Ia berharap IMFEA dapat memunculkan ide-ide kreatif – inovatif yang mampu memberikan kontribusi bagi industry MFI dan sekaligus membantu masyarakat dalam mendapatkan akses keuangan yang lebih mudah dan murah.

IMFEA memiliki program DIGITALISASI LEMBAGA KEUANGAN, terutama BPR/KSP/LKM/LKMS melalui kolaborasi antara LK dengan provider IT yang berada dalam ekosistem keuangan. Dalam semester II tahun 2022 ini IMFEA telah mengadakan selama 4kali kegiatan Business Matching yang dilaksanakan di Purwokerto, Kota Depok, Semarang-Jateng, dan Tulung Agung – Jatim. Dalam kegiatan gathering ini sudah terkumpul 111 BPR/BPRS/LKM/LKMS/KSP/KSPPS dan 5 Lembaga Pendukung yaitu Biro Kredit, Marketplace Lending (Artaku), Credit Scoring (CLIK), electronic Know Your Customer (iTruzz), Asuransi Mikro (Asuransi Takaful Umum), dan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP MFI).

Program digitalisasi Lembaga keuangan merupakan sebuah Gerakan digitalisasi yang diiniasi oleh IMFEA bekerjasama dengan asosiasi dan perhimpunan industry di sektornya masing-masing, antara lain dengan Asosiasi LKM Indonesia, PERBARINDO, ASBISINDO, dan Asosiasi industry lainnya. Strategi digiltalisasi dilakukan melalui kolaborasi antar pelaku industry keuangan dengan ekosistem Lembaga pendukung di industry keuangannya.

Kegiatan yang dilakukan melalui GATHERING dan BUSINESS MATCHING. Berdasarkan pemantauan IMFEA, hasil dari Business matching ini beberapa pelaku LKM antara lain BPR/BPRS/LKM baik di ASBISINDO Banyumas, PERBARINDO DKI Jaya, ASLI di Jawa Tengah dan anggota PERBARINDO JATIM telah melakukan MoU untuk implementasi digitalisasi, baik di proses bisnis maupun infrastruktur pendukung lainnya.

Dari diskusi dengan CEO CLIK Mr. Leo, beliau berharap di tahun 2023 dapat direncanakan secara lebih baik, Program seluruh pihak terkait (stakeholder) di infrastruktur pendukung Lembaga keuangan untuk Kembali melakukan Business Matching dan program tindak lanjut yang lebih usefull, seperti riset dan program technical assistance untuk LKM/KSP dan BPR kita.

Semoga bisa, mohon dukungan semua pihak, insya Allah,  aamiin.

Categories: Berita

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *